Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Wabup Amin Haras Hadiri Rakor Forkopimda Diperlus Di Provinsi Gorontalo

Dokumen Prokopim Pohuwato

HUMAS.POHUWATO-Rapat Koordinasi Forkopimda diperluas yang berlangsung di Aula Rumah Dinas Gubernur Gorontalo Selasa, (17/3/2020) turut dihadiri Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras. Rakor yang membahas antisipasi penyebaran COVID-19 (Virus Corona), persiapan Pilkada serentak tahun 2020, dan antisipasi peredaran Miras dan Narkoba dibuka Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie dan dihadiri Kapolda, Danrem, Bupati/Wali Kota.

Usai Rakor, Wabup Amin Haras mengatakan,  rakor tersebut membahas tentang pilkada, masalah penyebaran virus Corona, miras dan narkoba, selain Gubernur, Kapolda bersama Danrem, Bupati/Wali Kota turut manyampaikan paparan terkait tiga masalah yang dibahas. Diminta ada langkah-langkah yang dilakukan oleh daerah mengantisipasi penyebaran Virus Corona dan juga langkah-langkah mengenai peredaran miras dan narkoba.

“Ia, saya mewakili pak bupati sudah menyampaikan paparan, dan yang lebih menonjol atau yang diangkat yakni bagaimana seluruh pemerintah daerah untuk melakukan langkah-langkah dalam rangka pencegahan COVID-19”,jelas wabup.

Lanjut Wabup Amin, terkait dengan Virus Corona tentu diharapkan masyarakat tidak usah panik, tapi tetap waspada dan diharapkan pemda melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terutama menerapkan pola hidup sehat seperti makan teratur dan memakan makanan yan bergizi, membiasakan hidup bersih baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Juga senantiasa kebersihan dijaga dan mencuci tangan dengan sabun serta menyediakan tempat-tempat untuk cuci tangan di rumah masing-masing.

Kemudian pemda diharapkan membentuk gugus tugas percepatan penanganan penyebaran virus corona, membentuk posko terpadu di perbatasan masuk keluar daerah dan juga pelabuhan, tim terpadu melalukan pemeriksaan terhadap masyarakat masuk keluar di daerah masing-masing serta juga pemantauan WNA serta masyarakat yang keluar darah maupun keluar negeri, juga menyediakan logistik dan fasilitas-fasilitas kesehatan termasuk Alat Pelindung Diri (APD).

Selanjutnya daerah berusaha bagaimana tetap menyediakan ruang-ruang tertentu di fasilitas rumah sakit untuk mengantisipasi bilamana ada yang indikasinya punya gejala yang mirip dengan Virus Corona.

Mengenai miras jelas Wabup Amin Haras, diharapkan pemda secara terpadu melakukan rajia atau operasi pekat dan diharapkan pula masyarakat menjauhi miras dan narkoba termasuk seluruh jajaran karyawan pegawai dan sebagainya. Terakhir untuk Pilkada diminta dukungan pemda dapat menyukseskan pelaksanaan Pilkada di masing-masing daerah yang menyelenggarakannya.(IK)