Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Pemda Pohuwato dan Lembaga Adat Gelar Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Perayan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato dan pemangku adat yang dilaksanakan secara nasional dan tradisional Gorontalo dihadiri Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Sabtu, (15/09/2024).

Perayaan maulid yang dilaksanakan di Masjid Agung Baiturrahim Pohuwato itu turut dihadiri Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, Forkopimda Pohuwato, Sekda Iskandar Datau, asisten, staf ahli bupati, pimpinan OPD, Ketua TP. PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa, Ketua DWP Pohuwato, ASN, lembaga adat dan masyarakat, serta pembawa hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, Ust. Fahri Djafar.

Dalam sambutannya, Bupati Saipul mengatakan bahwa melalui peringatan maulid ini, kita diingatkan kembali akan pentingnya meneladani akhlak mulia Nabi Muhammad SAW dalam setiap aspek kehidupan kita. Nabi Muhammad adalah pribadi yang agung dan sempurna, tokoh teladan bagi umat islam atau uswatun hasanah yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan risalah islam.

Lanjut bupati, ada banyak pelajaran yang bisa kita petik dari kehidupan Nabi Muhammad SAW. Beliau adalah pemimpin yang penuh kasih sayang, lemah lembut, tetapi juga tegas dalam menjalankan kebenaran.

Beliau tidak pernah menyerah dalam berdakwah, walaupun sering kali mendapat tantangan yang berat. Keteladanan beliau dalam hal kesabaran, keikhlasan, kejujuran, dan kepedulian sosial adalah hal-hal yang sangat relevan untuk kita terapkan di zaman sekarang ini.

“Dalam konteks kehidupan bermasyarakat, kita diingatkan oleh Rasulullah SAW untuk selalu menjaga ukhuah atau persaudaraan, baik ukhuah islamiah, ukhuah wathaniyah, maupun ukhuwah basyariyah.

Dalam situasi dunia yang penuh dengan konflik dan perpecahan, kita harus mengambil pelajaran dari Rasulullah SAW tentang bagaimana membangun persatuan dan kesatuan, baik di antara umat islam sendiri maupun dalam hubungan antar sesama manusia”,jelas Saipul.

Melalui momentum perayaan maulid, Bupati Saipul Mbuinga, mengajak seluruh lapisan masyarakat, para tokoh, para ulama, untuk bersama-sama bekerja keras dalam membangun Kabupaten Pohuwato yang kita cintai agar lebih maju dan sejahtera. Mari kita meneladani semangat Rasulullah dalam memperjuangkan kesejahteraan umat.

“Pemerintah daerah berkomitmen untuk terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, baik dalam bidang pendidikan, kesehatan, maupun bidang sosial dan keagamaan. Namun, upaya ini tidak akan berhasil dengan baik tanpa dukungan penuh dari seluruh elemen masyarakat.

Semoga dengan perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Kabupaten Pohuwato yang kita cintai ini senantiasa diberikan curahan rahmat dan berkah, dijauhkan dari segala macam marabahaya dan masyarakatnya diberikan keteguhan iman dalam menjalankan ibadah kepada Allah SWT”,ujar Bupati Saipul.(IK)

Penulis:Iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan