Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Bertambahnya Kasus Penularan Covid-19, Masyarakat Diminta Waspada Terhadap OTG

Dokumen Prokopim Pohuwato

HUMAS.POHUWATO-Wakil Bupati Pohuwato, Amin Haras mengingatkan masyarakat untuk tetap terus menjaga kondisi daerah, terutama saat ini diperhadapkan dengan Covid-19. Dimana Pohuwato sudah mulai masuk zona merah dengan adanya beberapa orang yang sudah dinyatakan positif virus corona. Tentu bagi mereka yang terkonfirmasi positif maka dilakukan tracking baik itu kepada keluarga, tetangga serta orang-orang terdekat atau yang sempat kontak fisik.

Untuk itu tentu ini butuh peran dan dukungan dari semua pihak, bukan saja pemerintah tapi semua unsur. Bagaimana kepada keluarga, tetangga bisa disadarkan untuk disiplin protokoler kesehatan dalam berbagai aktivitas termasuk peran bapak ibu kades. Ingatkan ketika mau keluar jangan lupa pakai masker, jaga jarak, sering cuci tangan.

“Ketika kembali ke rumah biasakan mencuci tangan. Temasuk setelah dari perjalanan, karena kita tidak tahu kita itu sudah memegang apa, tersentuh dengan siapa. Apalagi sekarang ini diakui sudah ada transmisi melalui udara. Bisa saja kita jalan kemana-mana bisa menghirup udara, sehingga itu himbauan memakai masker bisa ditaati. Demikian juga aktivitas di pasar ketika kita menyerahkan dan menerima uang yang kita tidak tahu sumber uang itu dari mana”jelas Wabup Amin.

Selanjutnya ada Orang Tanpa Gejala (OTG), yang demikian ini sangat sulit untuk dideteksi. Karena OTG bisa menularkan virus pada orang lain, sehingga ini perlu diwaspadai bersama. Seperti halnya dengan hajatan berupa pesta yang kadang kala tidak terkendali, termasuk ketika ada yang meninggal dunia sangat sulit untuk mengatasi, tinggal kita yang membangun kesadaran masyarakat dan tinggal itu yang bisa kita lakukan.

Karena PSBB sudah tidak diberlakukan lagi, kita sudah masuk pada adaptasi kehiudupan baru. Dimana prilaku kiita dikondisi ini bahwa sudah harus mengunakan masker dan cuci tangan setiap saat.(IK)