Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Sebagai Percontohan Kampung KB di Pohuwato, Plt. Kepala DP3AP2KB, Rusmiati Pakaya Evaluasi Desa Iloheluma

Dokumen Prokopim Pohuwato

HUMAS.POHUWATO-Ditetapkan sebagai percontohan Kampung KB di Kabupaten Pohuwato pada 2019, Desa Iloheluma Kecamatan Patilanggio Rabu, (1/7/2020) di evaluasi oleh Kepala DP3AP2KB, Rusmiati Pakaya. Menurutnya, dari 26 kampung KB di pohuwato yang tersebar di 13 kecamatan, Desa Iloheluma telah ditunjuk oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo sebagai kampung KB percontohan.

“Ya, diseluruh kabupaten/kota ditetapkan 1 desa percontohan, sehingga itu di Kabupaten Pohuwato ditunjuklah Desa Iloheluma, tindak lanjutnya di seluruh kecamatan saat ini sudah ada 26 kampung KB yaitu 2 desa di tiap kecamatan”,jelasnya.

Lanjut Plt. Kepala DP3PA2KB, Rusmiati Pakaya, kampung KB dibentuk dengan maksud ada kolaborasi program lintas OPD dan dukungan berbagai pihak, semua program endingnya menciptakan masyarakat kecil, bahagia, dan sejahtera.

Disisi lain Assisten Pembangunan, Rusmiati Pakaya menjelaskan, dipilihnya Desa Iloheluma mungkin karena suport pemerintah desa, kemudian disertai dukungan TP PKK Desa dan TP PKK Kecamatan, dan itu sebenarnya jadi modal utama. Karena menjadikan satu desa jadi desa percontohan itu tidak hanya PLKB, unsur BKKBN yang bekerja, tetapi harus kolaborasi dari semua unsur utamanya dari unsur pemerintah desa.

Salah satunya berupa persiapan sekretariat, penyiapan anggaran melalui dana desa. Indikator lainnya adalah desa yang tingkat kelahiran tinggi supaya dengan hadirnya desa sebagai kampung KB dan dilakukan penyuluhan dengan harapan mengurangi tingkat kelahiran.

Selain itu karena Desa Iloheluma adalah kampung KB percontohan harusnya ada hal yang melebihi kampung KB yang lain. Artinya, kelebihannya dari sisi pemenuhan gizi ibu hamil, pemberian ASI esklusif kepada ibu menyusui, pelayanan difasilitas kesehatan untuk pemeriksaan ibu hamil sampai dengan melahirkan itu sesuai dengan standar kesehatan.

Dengan demikian harapan kedepan adalah generasinya pohuwato yang ada di Desa Iloheluma berkualitas, cerdas, terpenuhi gizinya sehingga akan tercipta generasi-generasi emas yang ada di pohuwato.(IK)