Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Pemda Pohuwato dan UMGO Perkuat Kerja Sama Pengembangan Pendidikan

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Bertempat di Gedung Utama Universitas Muhammadiyah Gorontalo, (UMGO), Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, menghadiri undangan Kerja Sama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato dan Universitas Muhammadiyah Gorontalo tentang pengembangan pendidikan yang ada di Kabupaten Pohuwato, Jumat, (19/07/2024).

Kerja sama itu ditandatangani Wakil Bupati, Suharsi Igirisa dan Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Prof. Dr. H. Abd. Kadim Masaong. Hadir pada kegiatan itu, Wakil Rektor 1, Prof. Dr. Hj. Moon Hidayati Otoluwa, M.Hum, Wakil Rektor 2, Dr. Salahudin Pakaya, Wakil Rektor, Dr. Apris Ara Tilome, Direktur Pasca Sarjana, Dr. Arfan A. Tilome, Kepala Biro, Hj. Ramlah Al. Katiri, M.Si, serta seluruh jajaran civitas akademik UMGO.

Wabup Suharsi Igirisa, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerja sama tersebut, kerja sama ini tentu sebagai salah satu upaya peningkatan sumber daya manusia dan pengembangan pendidikan yang ada di Kabupaten Pohuwato, lebih khusus pada Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan.  

"kerja sama dan kolaborasi merupakan dua hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Dalam konteks sosial misalnya, kerja sama dan kolaborasi diperlukan untuk membangun masyarakat yang lebih baik. Ketika kita bekerja sama, kita dapat saling melengkapi, saling mendukung, dan saling memperkuat”,terangnya.

Dikatakan Suharsi, saat ini Pemda Pohuwato memang telah menjalankan program pengembangan pendidikan di bidang kesehatan yakni kedokteran dan itu sudah di mulai dari tahun 2017. Adapun perguruan tinggi yang sudah bekerja sama sudah lebih dari 6 perguruan tinggi dan ada 36 mahasiswa kedokteran yang pemerintah daerah biayai.

“Dengan adanya program 1 dokter 1 kecamatan di pemerintahan sebelumnya, maka kami pemerintahan SMS melanjutkannya, yakni dengan program kerja sama daerah tentang penyelenggaraan pengembangan pendidikan bagi masyarakat Pohuwato”,ungkap wabup.

Wabup Suharsi Igirisa yang didampingi Kadis Porapar, Rusmiati Pakaya, Kabid Pemuda Olahraga, Fadel Mbuinga, dan Kasubag Pemerintahan, Jeflan Tooy, menaruh harapan bahwa nota kesepakatan yang telah melalui proses panjang, dan dari segi substansi yang secara prinsip telah disepakati bersama ini, dapat segera ditindaklanjuti.

“Mari pastikan bahwa niat baik kita semua, yang termanifestasi di dalam kedua nota kesepakatan yang hari ini diformalisasi, dapat secara nyata membawa manfaat dan kebaikan bagi semua”,ujar Wabup Suharsi.

Sementara itu, Rektor UMGO, Abd. Kadim Masaong, menjelaskan UMGO sendiri dalam menjalankan program penerapan ilmu khusunya pada fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan memiliki visi dan misi diantaranya, mewujudkan program studi keperawatan dan profesi ners yang unggul kompetitif dan islami dalam bidang keperawatan klinis dan komunitas tahun 2025.

“Semoga kerja sama ini dapat berjalan dengan baik sehingga nantinya dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan kompeten.

Kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan ruangan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan serta Laboratorium.(Foby)

Penulis:Foby Humokor

Editor:Sadrin Hasan