Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Gelar Bimtek Pelatihan Tata Cara Pengisian LKPM Secara Online, Sekda Iskandar Datau Apresiasi Dinas PM-PTSP Provinsi

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Bimbingan teknis (Bimtek) pelatihan tata cara pengisian laporan kegiatan penanaman modal (LKPM) secara online kepada pelaku usaha yang diselenggaran oleh Dinas PM-PTSP Provinsi Gorontalo, dibuka Sekretaris Daerah Pohuwato, Iskandar Datau, di Marina Beach Resort (MBR) Marisa, Kamis, (18/07/2024).

Dalam sambutannya, Sekda Iskandar menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas PM-PTSP Provinsi atas pelaksanaan bimtek dan pelatihan tata cara pengisian LKPM online bagi pelaku usaha di Kabupaten Pohuwato.

Menurutnya, penyelenggaraan perizinan berusaha berbasis risiko yang mengatur perubahan pada penyelenggaraan pelayanan perizinan dan non perizinan dari yang berbasis izin menjadi pelayanan perizinan berbasis risiko yang selanjutnya ditindaklanjuti oleh Kementerian Investasi/BKPM RI dengan peraturan No. 4 tentang pedoman dan tata cara pelayanan perizinan berusaha berbasis risiko dan fasilitas penanaman modal.

Adapun capaian realisasi investasi Provinsi Gorontalo periode triwulan I (Januari-Maret) tahun 2024 sebesar Rp. 722.269.842.757 atau (11,18%) dari target investasi nasional yakni Rp. 6,46 Triliun. Dari angka tersebut Kabupaten Pohuwato mendapatkan target sebesar Rp. 1,79 Triliun dengan realisasi pada triwulan I sebesar Rp. 354.104.228.871 atau (19,78%).

“Untuk menjadi perhatian kita semua bahwa pelaporan realisasi triwulan II tahun 2024 (Bulan April s.d Juni 2024) akan dilaporkan mulai tanggal 01 s.d 20 Juli 2024”,ungkap Iskandar.

Apa yang menjadi harapan dari pemerintah daerah terhadap pelaksanaan bimtek ini kata Sekda Iskandar adalah, kemampuan para pelaku usaha dalam melaporkan kegiatan penanaman modal (LKPM) melalui sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) agar tercapai sasaran yang diharapkan yaitu tercapainya target nilai realisasi investasi di Kabupaten Pohuwato dan Provinsi Gorontalo.

Hadir pada bimtek itu, Kadis PM-PTSP Provinsi Gorontalo, Danial Ibrahim, Plt. Kadis PM-PTSP Pohuwato, Rustam Meleng, para Direktur dan Pimpinan Perusahaan Kabupaten Pohuwato, pelaku usaha  sebagai peserta bimtek pelatihan tata cara pengisian laporan kegiatan penanaman modal secara online.(Foby)

Penulis:Foby Humokor

Editor:Sadrin Hasan