Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Wabup Suharsi Igirisa Hadiri Peluncuran Tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM,POHUWATO-Wakil Bupati Suharsi Igirisa menghadiri peluncuran tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah tahun 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato. Peluncuran yang berlangsung di pantai pohon cinta Marisa, Minggu (05/05/2024) itu di mulai dengan persembahan tarian klasik yang ditampilkan oleh putra-putri terbaik Bumi Panua dari panduan entertainment.

Turut hadir Ketua KPU Provinsi Gorontalo Fadlyanto Koem, Ketua DPRD Nasir Giasi, Kajari Marisa Endi Sulistiyo, Wakapolres Kompol Raden Dian Nugraha Wijaya, Ketua KPU Firman Ikhwan bersama Komisioner KPU Pohuwato, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten/Kota, pejabat Pemerintah Kabupaten Pohuwato, instansi vertikal, para camat dan kepala desa.

Wabup Suharsi Igirisa dalam sambutannya menyampaikan sangat menyambut baik serta mengapresiasi peluncuran tahapan Pilkada Serentak 2024. "Saya juga sangat mengapresiasi Forkopimda dan masyarakat Pohuwato yang telah sukses melaksanakan pemilihan legislatif secara damai, aman dan sukses",katanya.

Menurutnya, pemilihan umum (pemilu) ini merupakan proses pembelajaran dalam rangka pendewasaan bangsa, pemilu juga merupakan momentum ujian bagi seluruh elemen bangsa, seberapa jauh nilai-nilai demokrasi telah menjadi bagian dari jati diri bangsa Indonesia.

Nilai-nilai demokrasi dimaksud, kata Wabup, adalah bagaimana menyelesaikan pertikaian secara damai dan sukarela, menjamin terjadinya perubahan secara damai, pergantian penguasa dengan teratur, sedikit mungkin unsur paksaan dalam pembuatan, pelaksanaan, dan penegakan keputusan politik, adanya pengakuan terhadap nilai keanekaragaman untuk menghargai terhadap sesama, adanya pengakuan dan jaminan atas tegaknya keadilan serta ilmu pengetahuan yang maju.

"Saya percaya, kita semua yang hadir disini sependapat bahwa peluncuran Pilkada damai pada malam ini adalah sebuah kerja besar yang membutuhkan partisipasi dari seluruh elemen bangsa, mulai dari tataran individu, pemerintah sendiri telah senantiasa berkomitmen untuk menjaga kondusifitas dan keamanan selama pemilu",ungkap Suharsi.

Wabup Suharsi juga mengajak kepada semua yang hadir, sesuai dengan batasan kewenangan dan bidang urusan masing-masing. Pertama, turut memastikan bahwa peluncuran Pilkada damai ini tidak semata-mata dimaknai sebagai slogan, melainkan sebagai ikhtiar untuk menciptakan atmosfer yang kondusif selama seluruh rangkaian tahapan Pemilukada Kabupaten Pohuwato bisa berjalan aman lancar

Kedua, bersedia untuk sepakat bahwa menjaga kedamaian selama Pemilukada adalah tanggung jawab bersama seluruh elemen bangsa tanpa terkecuali. Ketiga, turut memastikan bahwa seluruh unsur yang terlibat dalam kegiatan kampanye politik dapat menjalankan perannya dengan tanpa mencederai harga diri dan martabat setiap pihak, termasuk lawan politiknya.

Sementara itu, Ketua KPU Pohuwato Firman Ikhwan dalam sambutannya mengatakan, dengan peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tahun 2024 ini untuk mensosialisasikan dan untuk menyampaikan kepada publik bahwa saat ini khususnya di Kabupaten Pohuwato Pilkada tengah atau akan dilaksanakan.

"Insyaallah pada malam ini akan kita luncurkan secara bersama-sama, dan ini juga menjadi salah satu tanda bahwa ke depan pada tanggal 27 Nopember kita bersama-sama memilih pemimpin di Kabupaten Pohuwato yang membawa daerah ini jaya, maju dan Insha Allah bisa mensejahterakan rakyatnya ke depan.

"Harapannya, masyarakat bisa berpartisipasi aktif untuk mewujudkan Pilkada 2024 di Kabupaten Pohuwato yang sukses, aman dan damai",pungkasnya.(Zek)

Penulis:Abdul Razak Supu

Editor:Sadrin Hasan