Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

DWP Pohuwato Gelar Pelatihan Publik Speaking dan Komunikasi Interpersonal Bagi Anggota dan Pengurus DWP OPD dan Kecamatan

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pohuwato terus berupaya meningkatkan kualitas anggotanya, salah satunya melalui pelatihan publick speaking dan komunikasi interpersonal. Pelatihan yang mengangkat tema “Membangun kesadaran komunikasi efektif dalam organisasi” ini merupakan pelaksanaan program kerja khususnya Bidang Sosial Budaya (Sosbud) DWP Kabupaten Pohuwato.

Kegiatan yang digelar di aula Dinas PUPR Pohuwato dihadiri Ketua DWP Kabupaten Pohuwato, Suriyati Datau R. Abdjul bersama pengurus DWP Kabupaten Pohuwato dan diikuti oleh Ketua dan pengurus DWP unit OPD hingga unit Kecamatan, Kamis (16/05/2024).

Dalam pelatihan ini, panitia menghadirkan secara langsung Narasumber yakni, Dra. Rusmiati Pakaya, M.Pd yang juga selaku Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pohuwato, dan Venti Dwikasari Hasan, S.H.,MH sebagai Pemerhati Perempuan.

Mewakili Sekda Pohuwato, Asisten Ekbang, Fitriani H. Lasantu dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut menekankan, bahwa begitu pentingnya pelatihan publick speaking dan komunikasi interpersonal sebagai upaya meningkatkan kemampuan seluruh anggota DWP dan membangkitkan rasa kepercayaan diri dalam berbicara dengan baik, jelas, dan lugas di lingkup organisasi atau pun di tempat umum.

Sebab pada hakekatnya, kata Vivi sapaan akrab Fitriani H Lasantu, publick speaking adalah merubah potensi menjadi kompetensi.

“Tentu ini patut kita syukuri dan patut kita apresiasi, dengan diadakannya kegiatan oleh DWP secara gratis ini, karena jadi wanita itu harus hebat dan haruslah memiliki kompetensi dalam diri",katanya.

Plt Kepala DPM PTSP Pohuwato ini pun berharap, DWP Kabupaten Pohuwato konsisten dalam menjalankan tujuan utama organisasi Dharma Wanita Persatuan dan terpenting lagi dapat menunjang serta mensupport tugas para suami.

Sebelumnya, Ketua DWP Kabupaten Pohuwato, Ny Suriyati Datau R. Abdjul mengatakan kegiatan pelatihan tersebut diharapkan dapat mewujudkan kesetaraan gender dengan meningkatkan peran perempuan disektor publick melalui kegiatan publick speaking dan komunikasi interpersonal.

Menurutnya, semua kita yang hadir di sini memiliki peran kunci dalam menjalankan visi dan misi Dharma Wanita Persatuan. Tentu saja kehadiran serta partisipasi ibu-ibu pengurus DWP unit OPD dan unit kecamatan betapa menunjukkan komitmen dan dedikasi untuk terus belajar dan berkembang.

Lanjut Suriyati, kegiatan ini untuk ke depan diupayakan akan terus dilakukan, agar menjadi tonggak awal bagi kemajuan dan pengembangan diri masing-masing pribadi. Ditegaskan pula, pelatihan ini bukan hanya sekedar agenda rutin, tetapi juga merupakan investasi berharga bagi kemajuan organisasi dan pribadi.

"Publick Speaking dan Komunikasi Interpersonal adalah keterampilan yang sangat penting dalam mengelola hubungan antar manusia, baik dalam lingkungan personal maupun profesional,"jelas Suriyati.

Dengan menguasai keterampilan ini, Istri Sekda Pohuwato ini berharap para peserta dapat menguasai keterampilan ini dan bisa percaya diri dalam menyampaikan ide-ide. Bahkan dapat mempengaruhi orang lain secara positif, serta membangun hubungan yang erat dan harmonis.

“Kami berharap ibu-ibu bisa mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya untuk mengasah keterampilan kita dalam berbicara di depan umum dan bisa berinteraksi secara efektif dengan orang lain”,harapnya.

Diakhir acara, para peserta mendapatkan materi 'public speaking' yang disampaikan oleh Dra. Rusmiati Pakaya, M.Pd dan Venti Dwikasari Hasan, S.H., MH. Materinya pun berisi tentang bagaimana tata cara, bahasa, gestur, cara berpakaian serta kiat-kiat untuk dapat berkomunikasi secara efektif dan cara mengatasi hambatan dalam berkomunikasi.(IK)

Penulis:Iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan