Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Presiden Joko Widodo Resmikan Bandara Panua Pohuwato

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Bandara Panua Pohuwato yang terletak di Desa Imbodu, Kecamatan Randangan akhirnya diresmikan.

Peresmian bandara tersebut dilakukan langsung Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, yang di dampingi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, bersama Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, Bupati Pohuwato Saipul A, Mbuinga dan Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi, Senin (22/04/2024).

Sebelumnya, Presiden Jokowi datang dengan pesawat ATR sekitar Pukul 07.50 WITA yang disambut langsung Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga bersama ketua DPRD Pohuwato Nasir Giasi di Bandara Panua Pohuwato.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Indonesia merupakan negara yang besar terdiri dari 514 Kabupaten/Kota, 38 Provinsi dan 17 ribu pulau yang kesemuanya memerlukan infrastruktur, baik itu untuk pelayanan pendidikan, pelayanan kesehatan dan layanan infrastruktur bagi konektivitas.

“Baik itu yang namanya pelabuhan, baik itu yang namanya jalan, dan yang namanya bandara”,ujar Presiden Jokowi.

Tentunya jika itu tidak kita miliki kata Jokowi, maka negara kita akan kalah bersaing dengan negara lain, tidak bisa berkompetisi dengan negara lain, produk-produk kita tidak bisa bersaing dengan negara lain.

“Saya senang, Alhamdulillah Bandara Panua di Pohuwato ini telah selesai. Tadi Pak Menteri Perhubungan bilang menghabiskan Rp.473 Miliar”,kata Presiden Jokowi.

Orang nomor satu di Indonesia ini menilai panjang landasan yang hanya 1.200 x 30 meter masih sangat pendek. Ia meminta Menteri Perhubungan memperpanjang runway Bandara Panua Pohuwato agar bisa didarati pesawat jenis lain.

“Panjang runway harus ditambah, oleh sebab itu saya perintahkan runwaynya harus ditambah, paling lambat tahun depan, kalau bisa tahun ini”,ungkap Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Samadi menyampaikan bahwa Bandara Panua Pohuwato merupakan bandara ke-25 dari 27 bandara yang dibangun. Bandara ini sangat produktif untuk membangun ekonomi daerah ini, melihat jarak jangkau dengan Gorontalo sangat jauh.  

Turut hadir pada peresmian itu, Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa, Ketua Tim Penggerak PKK Pohuwato, Selvi Mbuinga Monoarfa, Forkopimda Pohuwato, Sekda Iskandar Datau, para asisten, staf ahli bupati, pimpinan OPD, camat dan kepala desa.(IK)

Penulis:iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan