Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Sekda Pohuwato Apresiasi Advokasi Penguaran Germas

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Jaminan kesehatan bagi masyarakat di kabupaten pohuwato terus menjadi perhatian Bupati Saipul Mbuinga. Bagaimana tidak, salah satu kata kunci yang menjadi pilar utama visi dalam pemerintahan SMS yakni kesehatan. Oleh sebab itu, walaupun ditengah keterbatasan anggaran, pemkab pohuwato tetap berupaya mencari celah bagaimana kegiatan-kegiatan terkait kesehatan masyarakat dapat terus dilakukan.

Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Iskandar Datau, saat membuka kegiatan advokasi penguatan GERMAS bersama seluruh stakeholder terkait, di gedung panua kantor bupati pohuwato, Selasa (20/09/2022).

Khusus di kabupaten pohuwato, Sekda Iskandar Datau menyebutkan beberapa kegiatan yang tak luput dari perhatian pemerintah saat ini seperti Gebyar SMS atau Gerakan Bersama Melayani Rakyat, Sehat, Maju dan Sejahtera.

"Di kegiatan ini banyak layanan kesehatan gratis kita buka, seperti pemeriksaan THT, pelayanan kesehatan secara gratis, sunatan gratis dan lain sebagainya",terangnya.

Pada Agustus lalu, kata sekda, pihaknya juga melakukan kegiatan bhakti sosial operasi bibir sumbing dan celah langit untuk yang kedua kalinya kerjasama fakultas kedokteran gigi dan mulut Universitas Hasanuddin Makassar.

"Alhamdulillah, penantian yang lama kita tunggu dan perjuangan yang cukup menguras energi dan pikiran, pada Agustus lalu kita sudah bisa wujudkan universal health coverage atau UHC, dimana dengan pencapaian ini seluruh masyarakat miskin dapat dilayani secara gratis kesehatannya.

Walaupun kita sudah UHC, bukan berarti kita tidak menjaga atau membiarkan diri atau keluarga kita lalai dalam menjaga kesehatan. Dalam dunia kesehatan, kita harus lebih mengedepankan prinsip lebih baik mencegah dari pada mengobati",jelas sekda.

Sebagai sebuah gerakan, Sekda Iskandar Datau tekankan implementasi program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) membutuhkan peran aktif dari seluruh lintas sektor, agar GERMAS ini menjadi budaya yang sangat penting untuk dilakukan dan mampu mempercepat serta menyinergikan upaya promotif dan preventif hidup sehat, sehingga masyarakat mampu lebih produktif dan beban pembiayaan pelayanan kesehatan akibat penyakit yang diderita dapat menurun.

"Mari bersama-sama kita sukseskan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan berprilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Gaya hidup sehat yang kita terapkan hari ini adalah tabungan untuk kesehatan kita hari esok menuju Pohuwato Sehat Maju dan Sejahtera," tutur Sekda Iskandar Datau.(Zek)

Penulis:Razak Supu

Editor:Sadrin Hasan