Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Bupati Pohuwato Dukung PT PETS Bangun Akses Jalan Marisa-Buntulia

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga sangat apresiasi dan mendukung rencana pembangunan jalan baru oleh PT. PETS di kecamatan marisa sampai kecamatan buntulia. Sebagaimana hasil pertemuan yang dilakukan Direktur Utama PT. PETS, Boyce Abidin dengan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga di ruang kerja bupati, Jum’at, (8/4/2022).

Dikatakan Bupati Saipul, akses jalan untuk warga menuju ke tambang khususnya hanya satu jalur saja atau yang berada di jalan yang ada saat ini, sehingga keinginan dan niat baik dari perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan ini untuk membukan akses jalan baru sangat didukung.

Karena disamping memudahkan akses orang dan kenderaan ke tempat kerja atau ke tambang, juga bisa meningkatkan perekonomian, sebut saja manfaat besar bagi para petani yang mudah untuk mengangkut hasil panennya.

Untuk itu, pemda menyambut baik dan berharap secepatnya jalan tersebut dikerjakan, atau setelah selesai pertemuan dengan masyarakat yang ada di marisa dan buntulia yang merupakan warga yang lahannya akan dilewati oleh pembangunan jalan tersebut.   

Sebelumnya, Boyce Abidin menjelaskan bahwa PT PETS rencananya akan membangun jalan bay pass dari simpang tiga selamat datang kota marisa Desa Teratai, Marisa sampai ke kamp pioneer di GSM yang ada di Desa Hulawa Kecamatan Buntulia.

“Ia, tujuan kami adalah melaporkan ke pak bupati bahwa kami sudah melakukan survei dan Alhamdulillah areal itu semuanya areal APL. Untuk itu kita tinggal lakukan pendekatan kepada masyarakat pemilik lahan untuk kemudian langsung nanti dilaksanakan kontruksinya”,jelas Boiye.

Menurut Dirut PT PETS, Boyce Abidin, kemarin sudah dilakukan sosialisasi dengan masyarakat yang ada di Desa Bulangita dan Desa Teratai Kecamatan Marisa yang selanjutnya masyarakat di 3 desa di Kecamatan Buntulia yakni Desa Taluduyunu, Desa Taluduyunu Utara dan Desa Hulawa akan dilakukan sosialisasi yang sama. Mudah-mudahan ini cepat terlaksana sehingga kami bisa segera membangun jalan tersebut.

Disinggung kapan pembangunannya? Boyce menjelaskan segera setelah selesai sosialisasi, kemudian pendekatan kepada masyarakat, dan setelah semuanya selesai termasuk perizinan juga sudah selesai, maka secepatnya jalan dengan panjang 9 kilo meter tersebut akan kita bangun.(Zek)

Penulis:Razak Supu

Editor:Ekaputra Mantulangi