Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Wabup Amin Haras: Pilkada Serentak 9 Desember 2020

Dokumen Prokopim Pohuwato

HUMAS.POHUWATO-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan dilaksanakan pada 9 desember mendatang, sebagaimana hasil video conference Mendagri yang diikuti Wakil Bupati Amin Haras Jum’at, (5/6/2020) di gedung panua kantor bupati.

Diharapkan oleh Mendagri agar pemeritah daerah segera mempersiapkan dukungan anggaran sesuai NHPD atau nota kesepakatan yang sudah ditandatangani. Karena pelaksanaan Pilkada ditengah pandemi Covid-19 yang pasti akan ada kebutuhan-kebutuhan anggaran terkait dengan pemenuhan kebutuhan perlengkapan untuk protokoler kesehatan, baik oleh KPU maupun Bwaslu terhadap seluruh jajaran petugasnya.

Oleh karena itu jelas Wabup Amin Haras bahwa Kemendagri segera melakukan kajian bersama KPU dan Bawaslu terkait dengan kebutuhan-kebutuhan tersebut. “Misalnya daerah ada tambahan yang dilakukan maka anggaran yang kita alokasikan untuk KPU dan Bawaslu berupa kegiatan-kegiatan yang tidak mungkin dilaksanakan pada pandem covid-19 itu akan dirasionalisasi.

Anggaran itu yang akan dialihkan untuk tambahan kebutuhan anggaran, yang misalnya berapa yang akan dibutuhkan, tapi kita lihat apa itu cukup atu tidak”terang wabup.

Pemda pohuwato kata Wabup Amin Haras sudah harus menyiapkan diri karena ini iven nasional. Tinggal bagaimana persoalan anggaran ini maka kita cari langkah-langkah dan solusi yang terbaik untuk mengatasi bilamana ada kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi untuk penyelenggaraan protokoler kesehatan.

Olehnya baik petugas maupun pemilih harus protokoler kesehatan pula, nah ini butuh perlengkapan yang harus dipenuhi pada saat pilkada nanti.(IK)