Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Masyarakat Pohuwato Antusias Ikut Buka Puasa Bersama Bupati Saipul A. Mbuinga

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Saipul A. Mbuinga selaku Bupati Pohuwato menggelar buka puasa bersama dengan lintas tokoh Pohuwato di kediaman Adnan Mbuinga, di Desa Marisa Utara, Kecamatan Marisa, Sabtu, (23/03/2024).

Bupati Saipul menjelaskan momentum yang bertepatan dengan bulan Ramadan insyaallah akan merekatkan kita semua untuk menata Pohuwato kedepan. “Kita bangun daerah ini untuk menuju masyarakat yang sehat, maju, dan sejahtera”,terangnya.   

Dikatakannya, setiap periodisasi kepemimpinan tentu punya tantangan-tantangan tersendiri, dan sekarang ini adalah kepemimpinan kami (Saipul Mbuinga-Suharsi Igirisa) yang ke-3 tahun membawa amanah rakyat yang di mana pada tahun 2021 rakyat mengamanahkan kami memimpin daerah ini.

“Tantangan yang paling berat dihadapi pemerintah adalah pada saat pandemi covid-19. Berbagai tantangan ini kita hadapi bersama, kami bersama DPRD melakuka upaya dan terobosan-terobosan untuk menghadirkan janji-janji politik dan segala tantangan ini bisa kita lalui dengan baik kalaupun tidak harus semuanya masyarakat terpuaskan”,jelas Saipul.  

Setelah covid-19 kata Bupati Saipul, tantangan selanjutnya yang kita hadapi adalah terjadinya guncangan keuangan yang dialami oleh pemerintah secara nasional.

Di mana hampir seluruh daerah yang mengandalkan dana transfer dari pemerintah pusat mengalami kekurangan anggaran karena adanya pengaturan kebijakan fiskal yang ketat, sementara sumber pendapatan daerah yang dimiliki masih terbatas.

Disisi lain juga diperhadapkan pula pada beban keuangan daerah semakin banyak, mengakibatkan pemda mengalami kesulitan dana bagi pembangunan daerah.

'Harapan banyak masyarakat terkait infrastruktur jalan yang menjadi wajah kabupaten yakni di seputaran blok plan itu sangat rusak, termasuk di 13 kecamatan mengalami hal yang sama. Kami melakukan terobosan dan upaya lobi-lobi anggaran.

“Alhamdulilah, kami mendapatkan kepercayaan dari pemerintah pusat memanfaatkan bantuan Dana PEN yang kami gunakan untuk membangun infrastruktur khususnya jalan yang kondisinya telah rusak parah”,ucapnya.

Bagi masyarakat, pemerintah desa terutama lewat apa yang diusulkan pada musrenbang kiranya tetap bersabar, insyaallah kedepan kita perhatikan secara bersama-sama apa yang tersisa dari 3 tahun kami diberikan kepercayaan oleh pemerintah pusat karena terkait pemilu serentak 2024.

“Tidak seutuhnya 5 tahun kami jalankan untuk menjalani pemerintahan ini, masih ada kekurangan dan itu kami mohon maaf”,pungkas Saipul Mbuinga.(IK)

Penulis:iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan