Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Diterima Ketua DPRD Pohuwato, Bupati Saipul Mbuinga Serahkan Dokumen Ranperda Perubahan APBD 2023

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato telah menyerahkan dokumen Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Pohuwato tahun anggaran 2023 yang diserahkan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga dan diterima Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi pada Rapat Paripurna ke-47 penyampaian nota pengantar Ranperda Perubahan APBD Kabupaten Pohuwato TA 2023 di ruang sidang DPRD, Rabu, (6/9/2023).

Dalam sambutannya Bupati Saipul Mbuinga menyampaikan syukur Alhamdulillah hingga tahun ketiga proses pengelolaan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan masih berjalan baik, walaupun di tengah keterbatasan anggaran yang setiap tahun dialami.

Dokumen RKPD Perubahan tahun 2023 tidak banyak berubah dari induknya karena memang anggaran yang dikelola pun tidak bertambah signifikan, kecuali dari insentif fiskal yang diterima tahun ini.

Menurut Bupati Saipul, pada dokumen RKPD tahun 2023, pemerintah daerah masih konsisten menetapkan target sebagaimana yang telah ada dalam RPJMD yakni pertumbuhan ekonomi sebesar 4,5 persen, kemiskinan sebesar 16,50 persen, IPM sebesar 66,73 persen dan pengangguran sebesar 2,80 persen dari angkatan kerja.

“Terkait pemanfaatan dana DID telah diarahkan pada OPD sesuai kriteria dan telah masuk dalam dokumen rencana kerja anggaran perubahan pada OPD tersebut”,ungkap bupati.

Dikatakan Bupati Saipul Mbuinga, walaupun telah terjadi refokusing atau rasionalisasi anggaran pada OPD, pemerintah daerah melalui TAPD telah melaksanakan pembahasan marathon pada seluruh OPD dengan tujuan untuk memastikan pelayanan perkantoran tetap berjalan baik, lancar melalui dukungan anggaran rutin perkantoran.

Tidak ada pemutusan tenaga kontrak maupun lainnya atau pengangkatan baru karena sudah dilarang dengan surat edaran Menpan RB. Juga kegiatan-kegiatan yang terkait kemasyarakatan sedapat mungkin dipertahankan oleh OPD.(IK)

Penulis:Iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan