Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Wabup Suharsi Bacakan Amanat Presiden RI Pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tingkat Kabupaten Pohuwato

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa bertindak sebagai inspektur upacara pada Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang berlangsung di halaman kantor bupati, Senin (05/06/2023).

Upacara diikuti oleh Sekretaris Daerah, Iskandar Datau, staf ahli bupati, asisten, pimpinan OPD, dan seluruh ASN di lingkungan pemda pohuwato.

Ketika membacakan amanat Presiden RI, Wabup Suharsi Igirisa mengungkapkan pancasila adalah pedoman hidup berbangsa yang harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila juga adalah jati diri sebagai bangsa Indonesia yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Pancasila adalah dasar negara kita yang lahir dari perjuangan bangsa Indonesia untuk merdeka dari penjajah. Pancasila adalah rumusan dari nilai-nilai luhur yang hidup di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang beragam suku, agama, budaya dan adat istiadat",ungkap Suharsi.

Selanjutnya Wabup Suharsi mengajak seluruh masyarakat untuk saling bekerja sama dan menghormati serta saling menguntungkan dalam membangun peradaban dan pertumbuhan global. Masyarakat juga harus sadar akan tanggung jawab untuk menjaga perdamaian dunia, menegakkan hak asasi manusia, melindungi lingkungan hidup, dan menjadi bagian dari solusi bukan masalah.

“Mari kita tunjukkan kepada dunia bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang ber-pancasila. Bangsa yang memiliki semangat gotong royong yang tinggi. Bangsa yang mampu berkontribusi positif dalam pembangunan peradaban dan pertumbuhan global",kata Wabup Suharsi.

Hari lahir pancasila tahun 2023 mengangkat tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”. Tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai hari lahir pancasila oleh Presiden Joko Widodo pada tahun 2016 dan ditetapkan juga sebagai hari libur nasional.(Zek)

Penulis:Abdul Razak Supu

Editor:Sadrin Hasan