Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Percepat Vertikalisasi BNK, Pemda Pohuwato dan BNN Tandatangani NPHD

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) serta Penandatanganan berita acara serah terima barang milik daerah ke BNN RI sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah terhadap percepatan vertikalisasi BNK Pohuwato, dilakukan oleh Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, dan Kepala BNN RI, Komjen Marthinus Hukom di Kantor BNN RI, Selasa, (09/07/2024). 

Kepala BNN RI, Komjen Marthinus Hukom, didampingi Sestama BNN RI, Karo SDM, Karo Umum, menyampaikan bahwa dalam rangka vertikalisasi ini tentu BNN RI sangat ketat penilaian yang dilakukan terhadap daerah-daerah yang mengusulkan.

Indikator penialaian bukan hanya dilihat dari tingkat kasus penyalahgunaan narkotika, tetapi yang tidak kalah penting juga adalah dukungan pemerintah daerah terhadap lembaga yang akan divertikalkan, yakni berupa pegawai yang akan mengisi BNN kabupaten/kota, hibah tanah untuk pembangunan gedung kantor BNN kabupaten/kota, penganggaran, sarana prasarana untuk mendukung program kegiatan.

“Kami telah melakukakan evaluasi penilaian, maka salah satu daerah yang layak dan patut untuk diatensi adalah Kabupaten Pohuwato menjadi lembaga vertikal”,ungkap Kepala BNN RI, Komjen Martinus Hukom. 

Sementara itu, Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga, yang didampingi Sekretaris Daerah, Iskandar Datau, dan Kepala BNK Pohuwato, Yusuf Potale, menyampaikan bahwa segala bentuk dukungan pemerintah daerah yang disyaratkan dalam rangka percepatan vertikalisasi ini kami siap.

Hal ini dengan mempertimbangkan begitu maraknya peredaran dan penyalahgunaan narkotika di Kabupaten Pohuwato, sehingga hal ini tidak bisa kita diamkan, dalam arti terus berusaha agar BNK Pohuwato jadi instansi vertikal.

“Ya, ini sudah menjadi sesuatu yang harus diseriusi oleh pemerintah daerah. Karena dengan keterbatasan kewenangan BNK saat ini, maka kami pemerintah daerah menyeriusi upaya percepatan vertikalisasi BNK Pohuwato. Kami pun siap dengan segala konsekuensi yang disyaratkan agar BNK Pohuwato dapat segera divertikalkan”,ujar Bupati Saipul.(IK)

Penulis:Iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan