Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Pemda Pohuwato Bersama Pemangku Adat Gelar Rapat Persiapan Hari Raya Iduladha 1444 Hijriah

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Menyambut hari raya iduladha 1444 Hijriah, pemda pohuwato bersama pemangku adat menggelar rapat persiapan yang dipimpin Sekretaris Daerah, Iskandar Datau dan dihadiri OPD, camat, pemangku adat di ruang pola kantor bupati, Rabu, (31/5/2023).

Dalam rapat itu, Sekda Iskandar Datau berharap agar segala persiapan kiranya sudah mulai di bahas dan dimatangkan pada saat ini, mengingat iduladha tinggal sebulan lagi atau pada 29 Juni mendatang, untuk itu kiranya dalam rapat ini sudah bisa ditentukan. Kesiapan yang dimaksud berupa petugas hari raya dari imam, khatib, karena kedua petugas ini yang jauh hari sudah mulai disiapkan.

Selanjutnya untuk pelaksanaan sidang adat tonggeyamo atau penentuan 10 Zulhijah ini juga perlu untuk dibahas. Karena tonggeyamo selalu dilaksanakan dalam menentukan hari raya maupun ramadan, sehingga nantinya ini dapat menjadi perhatian pula meski setiap tahun atau setiap hari raya atau ramadan kita melaksanakannya. Untuk itu baik Bagian Kesra maupun lembaga adat untuk bisa mempersiapkan kegiatan tersebut.  

Disisi lain pada hari raya iduladha tentu yang membedakan adalah kurban. Artinya, hari raya iduladha identik dengan pemotogan hewan kurban yang nantinya ini juga perlu menjadi perhatian bersama. Olehnya laporan dari kecamatan dan OPD perlu guna mengetahui berapa banyak hewan kurban yang disembelih pada tahun ini.

“Minimal jumlahnya bisa sama atau lebih dari tahun kemarin, untuk itu laporan dari camat-camat dan OPD itu sendiri penting untuk disampaikan ke pemda dalam hal ini Bagian Kesra”,harap Sekda Iskandar.(zek)

Penulis:Abdul Razak Supu

Editor:Sadrin Hasan