Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Distan Pohuwato Gelar Pelatihan Tematik Porang dan Sistem Pemasaran Produk Pertanian Secara Online

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato melalui bidang penyuluhan menggelar Pelatihan Tematik Porang dan Pelatihan Sistem Pemasaran Produk Pertanian secara online bagi Penyuluh Pertanian Kabupaten Pohuwato Tahun 2022.

Pelatihan tersebut diikuti oleh 40 peserta Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Pohuwato dan menghadirkan pengajar atau fasilitator Widyaiswara dari BBPP Batang Kaluku serta Praktisi di bidang pertanian.

Kegiatan yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 30 September hingga 3 Oktober 2022 dibuka oleh Bupati Pohuwato diwakili Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan, Fikri Adam di gedung Balai Diklat BKPP Pohuwato, Desa Karya Indah, Kecamatan Buntulia, Jum'at (30/09/2022).

Dikatakan Fikri Adam, pelatihan tematik porang dan pelatihan sistem pemasaran online merupakan program yang baru di daerah ini dan sebuah upaya untuk menciptakan suatu kondisi dimana para penyuluh pertanian harus memiliki kapasitas tinggi dalam penyerapan pengetahuan teknologi terbarukan di bidang pertanian serta mampu membangun kemitraan usaha dengan pihak lain terutama dalam mengakses modal usaha dan pemasaran hasil.

“Ucapan banyak terima kasih dan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan pelatihan tematik porang dan pelatihan sistem pemasaran online bagi penyuluh pertanian se-Kabupaten Pohuwato. Dengan adanya pelatihan ini, kami selaku pemerintah daerah merasa terbantu terutama dalam hal peningkatan SDM, peningkatan produksi pertanian dan peningkatan pendapatan serta kesejahteraan masyarakat petani di kabupaten pohuwato",ujar Fikri.

Untuk mewujudkan hal tersebut, lanjut Asisten Fikri Adam, maka ketersediaan SDM di bidang pertanian baik itu aparat, pelaku utama, dan pelaku usaha perlu kita tingkatkan dengan cara memberikan penguatan dan peningkatan kapasitas melalui pendampingan teknis oleh penyuluh yang menjadi garda terdepan dan merupakan mitra petani dalam menunjang produksi pertanian di daerah kabupaten pohuwato.

Sementara itu, Kabid Penyuluhan, Punguanta Roganda Pandeangan, dalam laporannya menyampaikan, pelatihan ini dilaksanakan karena memang khusus tanaman porang di kabupaten pohuwato ini masih termasuk tanaman yang langka, sehingga sangat membutuhkan ilmu dasar untuk teman-teman para penyuluh untuk bagaimana bisa disampaikan kepada seluruh petani sesuai wilayah masing-masing.

Selain itu, ada juga pelatihan sistem pemasaran online, yang pemanfaatan teknologi di era globalisasi saat ini sudah sangat wajib digunakan, sehingga pihaknya dengan sistem pemasaran yang serba sistem online melaksanakan pelatihan tersebut, karena hal ini menjadi dasar bagi teman-teman penyuluh dalam menyampaikan informasi sistem pemasarannya ke tingkat petani lebih mudah dan cepat.(IK)

Penulis:Iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan