Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Sekda Iskandar Datau Buka Rakor Pendataan Awal Regostek

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Rapat koordinasi pendataan awal registrasi sosial ekonomi tahun 2022 yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pohuwato di aula universitas pohuwato (Unipo) dibuka Sekretaris Daerah, Iskandar Datau, Selasa (20/09/2022).

Dalam sambutannya, Sekda Iskandar Datang mengatakan, registrasi sosial ekonomi (Regsosek) adalah bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial yang konsepnya telah digaungkan sejak tahun 2020 dan sangat penting untuk menciptakan sistem perlindungan sosial yang terintegrasi secara menyeluruh. Salah satunya melalui perbaikan dan melengkapi data sosial ekonomi yang mencakup seluruh penduduk.  

"Pemerintah merasakan bahwa pelaksanaan perlindungan sosial perlu perbaikan. Bantuan sosial bagian dari perlindungan sosial harus disalurkan secara tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan", ungkap Iskandar.

Masih menurut sekda, Informasi yang komprehensif memungkinkan regsosek tidak hanya bermanfaat untuk program perlindungan sosial bagi kelompok menengah ke bawah, namun juga sangat bermanfaat bagi kebijakan pemerintah daerah, sehingga dirinya memberikan penekanan kepada para pemangku kebijakan harus memahami bahwa regsosek adalah basis data yang harus dimuktahirkan secara berkala.

"Memelihara data merupakan tanggungjawab bersama. Kita harus merancang dan mengembangkan program pemanfaatan Regsosek dengan sebaik-baiknya", tutur sekda

Sementara itu, Kepala BPS Pohuwato, Puguh Rahardjo menjelaskan target pelaksanaan regsitrasi sosial ekonomi harus memenuhi beberapa tahapan meliputi persiapan, pendataan awal, integrasi dan stabilitas sistem.

"Ini merupakan agenda super prioritas dan momentum berharga bagi kita semua untuk menuju terwujudnya satu data perlindungan sosial, sehingga menuntut adanya upaya besar yang tidak biasa-biasa saja (extraordinary efforts) mulai dari pra-pelaksanaan, pelaksanaan, hingga pasca pelaksanaan",ungkapnya.

Puguh menambahkan, sebagai agenda nasional tentu kolaborasi antara sentral BPS dalam tata kelola statistik nasional dari kabupaten hingga pusat menjadi kunci dalam keberhasilan pendataan awal regsosek. "Regsosek merupakan pengelolaan data secara berkelanjutan dan memerlukan komitmen yang besar bagi kita semua", jelas Puguh.(Zek)

Penulis:Razak Supu

Editor:Sadrin Hasan