Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Pemda Pohuwato dan Lembaga Adat Gelar Perayaan Hari Asyura

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato bersama Lembaga Adat menggelar perayaan Hari Asyura (10 Muharram) 1446 H yang berlangsung di Masjid Agung Baiturrahim, Senin, (15/07/2024).

Perayaan Hari Asyura yang diisi dengan tausiah, zikir dan dua lo ulipu dihadiri Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, Forkopimda Pohuwato, Sekda Iskandar Datau, para asisten, staf ahli bupati, pimpinan OPD, pimpinan BUMN/BUMD, lembaga adat, pemangku adat, dan ASN/PPPK se-Kabupaten Pohuwato.    

Kegiatan di mulai dengan salat Asar berjemaah, yang dilanjutkan dengan Tausiah oleh Ketua MUI Boalemo, KH. Luqmanul Hakim Abubakar, LC., M.P.I, dan Tausiah kedua disampaikan oleh Ketua PW LDNU Provinsi Gorontalo, Habib Salim Bin Abdurrahman Al-Jufri, LC.

Usai tausiah, lanjut salat magrib berjemaah dan kemudian zikir bersama yang dipimpin Ustaz. Kasim Badu, dan Ustaz. Asram Husuna, hingga menjelang salat isya. Selesai salat isya berjemaah, diakhiri dengan dua lo ulipu.      

Pada kesempatan itu, Bupati Saipul Mbuinga mengatakan bahwa bulan Muharram adalah bulan yang mulia, karena menyimpan sejumlah peristiwa penting dalam sejarah Islam.

Terutama hari Asyura atau 10 Muharram yang diketahui beberapa peristiwa yang terjadi di 10 Muharram diantaranya, berlabuhnya Kapal Nabi Nuh AS, Keluarnya Nabi Yunus AS dari perut ikan paus, selamatnya Nabi Ibrahim AS dari api Raja Namrud, Nabi Yusuf AS terbebas dari penjara, Nabi Musa AS selamat dari Fir’aun.

Dengan demikian, peringatan 10 Muharram ini merupakan momen bagi kita untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Mari kita jadikan hari ini sebagai kesempatan untuk merenungkan kembali amal perbuatan kita, memperbaiki diri, dan mempererat silaturahmi antar sesama. Semoga peringatan 10 Muharram ini membawa berkah dan kebaikan bagi kita semua. Marilah kita selalu menjaga persatuan dan kesatuan, serta saling menguatkan dalam kebaikan dan ketaatan kepada Allah SWT”,ungkap Bupati Saipul.

Sementara itu, Wabup Suharsi Igirisa dalam sambutannya menyampaikan, semoga dengan peringatan hari Asyura ini dapat menambah nilai ibadah kita dihadapan Allah SWT dan mari sama-sama untuk mendoakan daerah Pohuwato tercinta.

Wabup Suharsi juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang hadir dan menyampaikan pentingnya memperingati hari Asyura sebagai momen refleksi dan peningkatan keimanan.

"Hari Asyura bukan hanya sekadar peringatan, tetapi juga kesempatan bagi kita semua untuk merenung dan mempererat tali silaturahmi”,ujarnya.(IK)

Penulis:Iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan