Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Hadiri Adat Tulude di Dengilo, Wabup Suharsi Ajak Warga Sangihe Untuk Pertahankan Tradisi Turun Temurun

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa menghadiri kegiatan perayaan Adat Tulude kebudayaan masyarakat suku sangihe diartikan sebagai tolak bala di lapangan Desa Karangetang, Jumat (03/02/2023).

Kegiatan itu turut dihadiri Anggota DPRD Pohuwato, Amran Anjulangi, Asisten Pemkesra, Arman Mohamad, pimpinan OPD, Camat Dengilo Nakir Ismail, Ketua Adat Nusa Lawo Erik Kasombang yang diawali dengan penyambutan secara adat kepada Wabup Suharsi bersama rombongan.

Dalam sambutannya, Wabup Suharsi mengatakan, kegiatan ini merupakan yang rutinitas dilakukan, yang hingga saat ini tradisi turun temurun dari leluhur yang di dalamnya mengandung makna syukuran juga merupakan nilai adat.

"Tradisi adat ini dapat mempersatukan persaudaraan warga masyarakat sangihe khususnya, tradisi adat ini juga sudah menjadi milik pohuwato karena warga sangihe di sini sudah merupakan warga masyarakat pohuwato", ujar Wabup Suharsi Igirisa.

Wabup Suharsi mengajak semua pihak untuk memaknai perayaan ini sebagai wahana kebersamaan dan persaudaraan. Artinya itu juga mengisyaratkan bahwa kita semua yang hidup di dunia ini banyak-banyaklah bersyukur atas nikmat dari Tuhan yang telah diberikan kepada kita semua. Meski berbeda suku dan agama tetapi kita tetap satu.(Zek)

Penulis:Abdul Razak Supu

Editor:Sadrin Hasa