Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Petugas Refroduksi Inseminator Bidang Peternakan Meraih Juara III Tingkat Nasional

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Pemerintah Kabupaten Pohuwato kembali meraih prestasi menggembirakan di tingkat nasional. Adalah Mukminin seorang petugas reproduksi inseminator bidang peternakan pada Dinas Pertanian Kabupaten Pohuwato, meraih penghargaan sebagai juara III tingkat nasional petugas inseminator kategori inseminasi buatan (IB) campuran.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kadis Pertanian Kabupaten Pohuwato, Kamri Alwi melalui Kepala Bidang Peternakan, Fitria Abdulwali di gedung B Kantor Dinas Pertanian, Selasa (29/11/2022).

"Alhamdulillah, penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian RI, Dr. Ir. Nasrullah, di The Sahira Hotel Bogor, Kamis 24 November baru-baru ini pada ajang Penghargaan Anugerah IB dan TE Award", terang Fitria.

Hal ini, menurut Fitria, dalam rangka mendukung dan menyukseskan pelaksanaan program Kementerian Pertanian RI, yakni Sapi, Kerbau Komoditas Andalan Negeri atau Sikomandan.

”Dari beberapa petugas inseminator yang ada di kabupaten pohuwato, sekitar kurang lebih 10 orang, beliau ini sudah melakukan IB sekitar 1.317 ekor ternak sapi dan tercatat di isikhnas yang lahir hasil IB-nya ada 734 ekor,” ungkap Fitria.

Fitria menilai, petugas inseminator ini memiliki prestasi, salah satunya karena melakukan pelayanan IB atau Inseminasi Buatan dan pelaporan IB serta kelahiran melalui isikhnas. ”Sehingga itu, kami ucapkan terimakasih kepada dinas pertanian provinsi, karena usulan kami dari kabupaten pohuwato itu diterima, atas nama Mukminin untuk diusulkan sebagai penerima penghargaan award IB terbaik dari Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan dengan kategori wilayah IB campuran", ujar Fitria.

Fitria menyebutkan, dalam menjalankan tugasnya, Mukminin juga memiliki cara pendekatan berbeda dari yang lainnya, tidak pernah mengeluh jauh dekatnya. Bahkan, katanya, ketika ditelepon responsif. Atas prestasi itu, Fitria mengaku sangat bangga dengan pencapaian dan prestasi yang diraih oleh Mukminin yang juga sebagai petugas wilayah di kecamatan randangan tersebut.

”Penghargaan ini tentu akan menambah deretan prestasi yang dimiliki kabupaten pohuwato. Semoga semangat yang dimiliki oleh Mukminin, dapat menular pada petugas inseminator lainnya maupun kepada masyarakat luas, dan saya berharap akan ada Mukminin-Mukminin lainnya lahir di kabupaten pohuwato yang kita cintai ini", tutup Fitria Abdulwali.(IK)

Penulis:Iwan Karim

Editor:Sadrin Hasan