Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Audensi Dengan Telkom Gorontalo, Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga Sebut Program Satu Data Indonesia Besar Manfaatnya Bagi Daerah

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato menyambut baik program satu data Indonesia yang menjadi program pemerintah.

Demikian disampaikan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga pada kegiatan Audensi Telkom Gorontalo dan Pemda Pohuwato di Ruang Biteya, Telkom Gorontalo, Sabtu, (17/09/2022).

Diketahui, program satu data Indonesia ini diteken dalam Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019, yang isinya adalah kebijakan tata kelola data pemerintah untuk menghasilkan data terintegrasi, akurat, mutakhir, terpadu, dan bisa dipertanggungjawabkan.

Pada kegiatan itu, Team BigBox Pusat, Auzan Hilman secara zoom meating memperkenalkan solusi big data analytics BigBox yang mendukung program satu data Indonesia milik pemerintah.

Dalam paparannya, Auzan menjelaskan, program satu data sebagaimana dalam Perpres Nomor 39 Tahun 2019 antaranya yaitu inisiatif pemerintan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas tata kelola data pemerintah.

Pemanfaatan data pemerintah tidak sebatas untuk pengambilan kebijakan, tetapi juga sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat. Keberadaan aturan data ini bertujuan agar pemerintah dapat mengumpulkan data dalam satu pintu yang akurat, mutakhir, terpadu, serta mudah diakses.

Dikatakan Bupati Saipul Mbuinga yang didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Arman Mohamad dan Kadis Kominfo, Kadir Amran, merujuk pada Perpres Nomor 39 tahun 2019, maka ini sangat penting untuk dapat diseriusi, juga atas paparan ini tentu azas manfaatnya sangat besar, dan Telkom sebagai lembaga yang punya kompetensi maka hal ini sekiranya untuk dapat kita buat dalam satu perjanjian atau MoU.

“Karena sudah tertuang dalam perpres, maka tidak ada hal yang untuk di jawab tidak, harus kita teruskan program ini, karena sangat membantu ”,jelas bupati.

Lanjut Bupati Saipul, dari hasil paparan tersebut, pemerintah daerah sangat menyambut baik karena dirasa penting untuk menuju satu data Indonesia. Olehnya kepada pak asisten dan pak kadis kominfo kiranya untuk dapat memfollow up dari program ini yang nantinya dituangkan dalam MoU. Karena hal ini sangat penting dalam rangka untuk menjawab sistem digitalisasi kita, tidak lagi kita mundur dengan persoalan-persoalan yang manual.

“Pada dasarnya atas nama pemerintah daerah sangat menyambut baik program ini karena untuk persoalan kemajuan daerah kita. Apalagi dalam paparan tadi sudah ada beberapa daerah yang sudah menandatangani MoU sebut saja seperti Maluku dan Semarang”,pungkas Bupati Saipul.

Sementara itu, General Manager, Sabar Siswanto yang didampingi Kepala Kantor Datel Marisa, Sebastianus Bas Bone, Mgr. Business, Government dan Enterprise Services, Gilion Sostens Raunsai, Mgr. Shared Services, Muhammad Nur Syahad sebelumnya menyampaikan terima kasih kepada bupati pohuwato bersama jajaran atas kehadirannya di Telkom Gorontalo.

Disisi lain, Sabar Siswanto menambahkan, atas nama Telkom Gorontalo menyambut baik apa yang telah disampaikan oleh bupati pohuwato yang insyaallah kami (Telkom Gorontalo) akan memfollow up terkait dengan kemajuan dari pemda pohuwato.

Telkom Gorontalo akan siap menyosialisasikan terkait dengan perkembangan pemanfaatan ITE untuk mempermudah dalam menjalankan roda pemerintahan di pohuwato, dimana output satu data ini menghasilkan data yang integritas, akurat, terpadu, mutakhir dan tentunya akan meningkatkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.(Socno)

Penulis:Iswan Abas

Editor:Sadrin Hasan