Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

Wabup Pohuwato, Suharsi Igirisa Hadiri Kegiatan Pelayanan KB TNI Manunggal Bangga Kencana di Dengilo

Dokumen Prokopim Pohuwato

PROKOPIM.POHUWATO-Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa menghadiri kegiatan pelayanan Keluarga Berencana (KB) TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan Tahun 2022 yang berlangsung di aula kantor kecamatan dengilo yang diselenggarakan oleh DP3AP2KB Kabupaten Pohuwato bersama Kodim 1313/Pohuwato, Kamis, (15/09/2022).

Hadir dalam kegiatan itu, Direktur Bina Pelayanan KB Wilayah Khusus BKKBN Republik Indonesia, Dr. Fajar Firdawati, M.Si, Komandan Korem 133/Nani Wartabone yang diwakili oleh Kasrem 133/NW, Kolonel Inf Ignatius Trijoko Budi S, Dandim 1313/Pohuwato, Letkol Inf Togu P.G Malau, S.E., M.Sc, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Gorontalo, Dra. Hartati Suleman, M.Pd, Asisten Bidang Administrasi Umum, Dra. Rusmiati Pakaya, M.Pd, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Pohuwato, Hamkawaty M. Mbuinga, S.Pd., M.M, Kepala Dinas Kominfo-St Pohuwato, Kadir Amran, S.E., M.Si, Kabag Prokopim Setda Pohuwato, Mohamad Ilyas Nento, S.Pd, Camat Dengilo, Nakir Ismail, S.Pd., M.Si.

Dalam sambutannya, Wabup Suharsi Igirisa mengatakan bahwa program keluarga berencana sangat besar kontribusinya. Bukan hanya membatasi jumlah kelahiran, namun meningkatkan kualitas hidup manusia. Diantaranya peningkatan gizi anak, mutu tenaga kerja, produktivitas tingkat pendidikan dan kesehatan, yang paling utama penuruan kemiskinan di kabupaten pohuwato.

Menurut Wabup Suharsi, sasaran umum pembangunan kependudukan dan keluarga kecil berkualitas antara lain terkendalinya laju pertumbuhan penduduk dan meningkatkan ketahanan keluarga, terbangunnya kelembagaan dan jaringan pengelolaan program keluarga berencana.

“Sejalan dengan itu, pemerintah kabupaten pohuwato mengapresiasi dan mendukung penuh pelayanan KB TNI Manunggal Bangga Kencana yang hari ini dilaksanakan,” jelasnya.

Selaku pemerintah daerah, Wabup Suharsi berharap agar kegiatan tersebut mampu mencapai sasaran dan memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat, terutama kepada keluarga pra sejahtera. Olehnya ucapan terimakasih serta penghargaan yang mendalam kepada Kasrem dan Dandim 1313/Pohuwato serta seluruh jajarannya atas segala kerja keras dan pengabdiannya.

Juga tak lupa disampaikan ucapan terimakasih kepada jajaran pemerintah kecamatan dengilo yang telah ditunjuk sebagai pelaksana kegiatan pelayanan KB TNI Manunggal Bangga Kencana Kesehatan. Harapannya dengan adanya kegiatan ini bisa segera ditindaklanjuti dengan kerja nyata dan komitmen pemerintah.

Sementara itu Direktur Bina Pelayanan Keluarga Berencana (KB) Wilayah Khusus BKKBN RI, Dr. Fajar Firdawati, M.Si menyampaikan bahwa kabupaten pohuwato adalah kabupaten yang cukup tinggi capaian modern kontrasepsinya bahkan melebihi capaian nasional.

“Gorontalo sendiri di atas rata-rata nasional, sudah 60 persen. Bahkan di Pohuwato sendiri ini sudah 62 persen, ini data hasil pendataan keluarga yang diambil oleh teman-teman PLKB dan kader di tahun 2021,”ungkapnya.

Fajar Firdawati juga menjelaskan, selama dua tahun masa pandemi covid-19 memang mempengaruhi program KB dan menyebabkan penurunan pesertaan KB yang sebelumnya 57,9 persen turun menjadi 57 persen. Namun kata Fajar di provinsi gorontalo sudah rata-rata diatas nasional yaitu 60 persen, bahkan di pohuwato sudah 62 persen.

Hal itu menurutnya tak luput dari kerjasama dari pemerintah setempat dan jajaran TNI yang membantu program KB dan juga kerjasama mitra-mitra dari kesehatan. Meskipun capaian keikutsertaan di gorontalo cukup tunggi, namun putus pakai KB sendiri juga cukup tinggi juga yaitu mencapai 24,6 persen dan itu diatas nasional

Selanjutnya, Kepala Staf Resor Militer (Kasrem) Korem 133 Nani Wartabone, Kolonel Inf. Ignatius Trijoko Budi S, berharap fasilitas kesehatan dapat menunjang pelayanan kesehatan khususnya keluarga berencana. Ia juga mengungkapkan, bahwa komitmen TNI salah satunya menyukseskan kegiatan KB di seluruh pelosok nusantara.(Zek)

Penulis:Razak Supu

Editor:Sadrin Hasan