Selamat Datang

di Website Resmi Prokopim Setda Kabupaten Pohuwato
  • Main Menu

LAKIP

Dokumen Prokopim Pohuwato

Pemda Pohuwato dalam hal ini Bagian Organisasi Rabu, (6/3) menggelar Coaching Clinic Implementasi Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) Tahun 2018. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Orchardz Industri, Jakarta dihadiri Wakil Bupati Amin Haras didampingi Assisten Pemerintahan Fitser Mohune, Kabag Organisasi Setda Nizma Sanad. Kegiatan yang diikuti para penyusun Sakip OPD dan Kecamatan menghadirkan narasumber Kepala Sub Bidang Analisis Perumusan Kebijakan Akuntabilitas Aparatur, KemenPAN dan RB, Canggih Hangga Wijaksono.  
Dikatakan Wabup Amin Haras, salah satu yang menjadi tolak ukur kinerja bagi Kepala Daerah adalah Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Lakip). Dan Syukur Alhamdulillah Sakip Pohuwato Tahun 2017 berhasil meraih kategori B dalam penilaian pelaporan kinerja instansi pemerintah tersebut. 
Sehingga untuk Sakip 2018 diharapkan bisa meningkat lagi, namun demikian tentu masih ada beberapa poin yang harus lebih diperhatikan guna meningkatkan prestasi yang telah diraih antara lain pengukuran kinerja harus relevan demi mengukur pencapaian tujuan, sasaran, program maupun kegiatan yang telah direncanakan. “Perencanaan tersebut haruslah selaras antara dokumen RPJPD, RPJMD, RKPD, Renstra, Renja, RKA sampai DPA”ungkap Wabup.
Oleh karena itu, Wabup Amin Haras sangat berharap kepada penyusun Sakip dapat mengikuti dengan baik kegiatan ini supaya kedepannya dapat terus menyempurnakan dan memperbaiki Sakip. Apalagi kegiatan ini dihadiri langsung oleh Pak Canggih yang akan menyampaikan berbagai kesimpulan mengenai Sakip. Olehnya ini betul-betul dapat diikuti sehingga kedepan kita menargetkan lagi Insya Allah Sakip 2018 dapat meningkat minimal kategori BB.
Kabag Organisasi Nizma Sanad menambahkan, hal-hal mendesak yang perlu dilakukan antaranya bahwa nilai evaluasi Sakip merupakan tanggungjawab seluruh pemerintah kabupaten bukan tanggungjawab unit yang menyusun Lakip saja. Sakip SKPD menggambarkan kinerja SKPD secara keseluruhan bukan hanya menjadi tugas bagian perencanaan/pelaporan. ###